Diet pada pasien leukemia

Secara berkala, mingguan atau bulanan dilakukan pemeriksaan darah lengkap untuk menilai respon sumsum tulang terhadap pengobatan. Pemeriksaan penunjang Pemeriksaan diagnostik yang lazim dilakukan pada anak dengan Leukemia Limfositik Akut adalah: Untuk itu, diharapkan perawat dapat memberikan pelayanan-pelayanan kesehatan yang optimal sehingga dapat membantu meningkatkan kesehatan pasien.

Pada fase ini diberikan terapi kortikostreroid prednisonvincristin dan L-asparaginase. Gangguan pada nutrisi diet pada pasien leukemia metabolisme. Kaji kulit untuk rasa dingin, pucat, kelambatan pengisian kapilerc. Sel darah normal, sel darah terbentuk di sumsum tulang.

Selain terjadi di dalam sumsum tulang, proliferasi juga terjadi di hati, limpa, dan nodus limfatikus.

Asuhan Keperawatan Pada Pasien Acute lymphocytic leukemia (ALL)

Radioterapi dan Kemterapi, dilakukan etika sel leukemia sudah terjadi metastasis. Pekerjaan orang tua yang berhubungan dengan bahan kimiaradiasi sinar Xsinar radioaktif, berpengaruh kepada anaknya.

Rasa sakit pada LGK dapat timbul dari tulang atau sendi. Manifestasi klinis pasien tidak menunjukkan gejala, baru terdiagnosa saat pemeriksaan fisik atau penanganan penyakit lain.

Maka dari itu Askep yang dapat di berikan pada klien leukimia yaitu di awali dengan pengkajian meliputi pengkajian riwayat penyakit, riwayat keluarga, adanya tanda-tanda anemia, adanya tanda-tanda leukopenia, adanya pembesaran testis, hematuria, hipertensi, gagal ginjal, inflamasi di sekitar rektal serta nyeri dan kaji adanya tanda-tanda trombositopenia.

Kelainan pada kromosom 21 dapat menyebabkan leukemia akut. Reeves, Charlene J et al. Insiden ALL terjadi jauh lebih tinggi pada anak-anak kulit putih daripada kulit hitam.

Peningkatan toleransi aktivitas yang dapat diukurb. Penelitian pada manusia menemukan adanya RNA dependent DNA polimerase pada sel-sel leukemia tapi tidak ditemukan pada sel-sel normal dan enzim ini berasal dari virus tipe C yang merupakan virus RNA yang menyebabkan leukemia pada hewan. Betz, Cecily L.

Ada 4 jenis leukimia, yaitu leukemia mielogenus akut, leukemia mielogenus kronis, leukemia ,limfositik kronis, leukemia limfositik akut. Transplantasi sumsum tulang, transplantasi sumsum tulang merupakan alternatif terbaik dalm penanganan leukemia. Alih bahasa Agung Waluyo, dkk. Ilmu Kesehatan Anak 1.

Agent Virus Beberapa virus tertentu sudah dibuktikan menyebabkan leukemia pada binatang. Belum menghasilkan sel darah yang disebut sel batang dan ledakan.

Faktor risiko terjadinya leukemia pada orang yang merokok tergantung pada frekuensi, banyaknya, dan lamanya merokok. Leukosit berfungsi sebagai pertahan tubuh terhadap benda asing yang menyerang tubuh. Sering terjadi pada anak-anak, laki-laki lebih banyak dibanding perempuan, puncak insiden usia 4 tahun, setelah usia 15 ALL jarang terjadi.

Manifestasi mirip dengan gambaran LMA tetapi dengan tanda dan gejala yang lebih ringan. Proses terapi LGK juga dapat meyebabkan penurunan jumlah sel darah merah. Pertumbuhan dari sel yang normal akan tertekan pada waktu sel leukemia bertambah banyak sehingga akan menimbulkan gejala klinis.

Leukemia adalah proliferasi sel leukosit yang abnormal, ganas, sering disertai bentuk leukosit yang lain daripada normal dengan jumlah yang berlebihan, dapat menyebabkan kegagalan sumsum tulang dan sel darah putih sirkulasinya meninggi.

Penyakit ini merupakan penyakit darah dan organ-organ yang disebabkan karna pertumbuhan yang subur atau proliferasi sel-sel darah putih yang imatur sehingga mempengaruhi produksi sel-sel darah merah lainnya. Kaji adanya pembesaran testis, hemAturia, hipertensi, gagal ginjal, inflamasi di sekkitar rektal dan nyeri.

Menurut hasil penelitian, orang dengan faktor risiko tertentu lebih meningkatkan risiko timbulnya penyakit leukemia. Berikan periode istirahat tanpa gangguank. Kerusakan integritas kulit berhubungan dengan pemberian agens kemoterapi, radioterapi, imobilitas.

Diet bagi Penderita Leukemia

Sel leukemi juga merusak produksi sel darah lain pada sumsum tulang termasuk sel darah merah dimana sel tersebut berfungsi untuk menyuplai oksigen pada jaringan.

Beberapa pasien dengan kasus LGK memproduksi trombosit secara berlebihan. Dalam penyusunan makalah ilmiah ini kami banyak memenuhi kesulitan dan hambatan, namun berkat karunia-Nya serta bimbingan dan dorongan moril dari berbagai pihak makalah ini dapat terselesaikan.

Tidak menunjukkan bukti-bukti perdarahan. Berikan periode istirahat tanpa gangguan. Misalnya, memantau kondisi pasien dan juga menjauhkan pasien dari hal-hal yang dapat membuat penyakit leukemia yang pasien derita bertambah parah. Inspeksi kulit, mulut, hidung urin, feses, muntahan dan tempat tusukan IV terhadap perdarahani.

Demam dan anorexia c.Pada fase ini diberikan terapi methotrexate, cytarabine dan hydrocotison melaui intrathecal untuk mencegah invsi sel leukemia ke otak.

Terapi irradiasi kranial dilakukan hanya pada pasien leukemia yang mengalami gangguan sistem saraf pusat.

· ASUHAN KEPERAWATAN PADA PASIEN DENGAN LEUKEMIA A.

PENGERTIAN Leukemia adalah neoplasma akut atau kronis dari sel-sel pembentuk darah dalam sumsum tulang dan limfa nadi (Reeves, ). Asuhan Keperawatan Pada Pasien Acute lymphocytic leukemia (ALL) Hai teman-teman semuanya, berikut ini kami update materi mengenai askep pada pasien dengan kasus ALL atau Acute lymphocytic leukemia atau bisa juga Leukemia limfositik vsfmorocco.com: UKOM Indonesia.

Leukemia biasanya menyerang lebih sering pada anak laki-laki dari pada anak perempuan setelah usianya lebih dari 1 tahun. Sebelum tahunanak dengan leukemia hidupnya hanya 2 – 3 bulan. Namun, sekarang ini angka harapan hidup pada anak dengan leukemia hamper 80%.Author: Luphlypinky.

Pada pasien kanker yang menjalani penyembuhan dengan metode radiasi biasanya beberapa tahun kemudian akan terserang MDS.

Hal tersebut dinamakan MDS sekunder atau MDS terkait pengobatan. Hal tersebut dinamakan MDS sekunder atau MDS terkait pengobatan. · Kelainan pada kromosom 21 dapat menyebabkan leukemia akut.

Insiden leukemia akut juga meningkat pada penderita dengan kelainan kongenital misalnya agranulositosis kongenital, sindrom Ellis Van Creveld, penyakit seliak, sindrom Bloom, anemia Fanconi, sindrom Wiskott Aldrich, sindrom Kleinefelter dan sindrom trisomi D.

Diet pada pasien leukemia
Rated 4/5 based on 50 review