Diet pasien hiv ppt

Mencegah bertambahnya infeksi Meyakinkan diagnosis akurat dan pengobatan Mempertahankan kadar darah yang terapeutik Resiko tinggi infeksi kontak pasien berhubungan dengan infeksi HIV, adanya infeksi nonopportunisitik yang dapat ditransmisikan.

Infeksi HIV mempunyai implikasi bermakna terhadap status nutrisi odha. Diet untuk penderita HIV baik dilakukan sebagai upaya untuk mempertahankan status gizi dan juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Atorvastatin dan fluvastatin harus digunakan secara hati-hati dan dengan dosis yang lebih rendah bila diberikan bersama-sama dengan penghambat protease.

ASUHAN KEPERAWATAN PASIEN DENGAN HIV-AIDS

Pasien akan bebas infeksi oportunistik dan komplikasinya dengan kriteria tak ada tanda-tanda infeksi baru, lab tidak ada infeksi oportunis, tanda vital dalam batas normal, tidak ada luka atau eksudat. Monitor tanda-tanda infeksi baru.

Perlu diketahui bahwa obat tersebut hanya mempertahankan, dan tidak menambah, massa otot. Selain itu, indeks massa tubuh yang tinggi atau kenaikan indeks massa tubuh selama perjalanan penyakit, ternyata berkaitan dengan lambatnya progresivitas HIV.

Prinsipnya yang harus diingat adalah pasien tidak perlu kaya, tapi akses terhadap obat harus dibuka seluas-luasnya. Jika diperlukan dapat diberikan obat hipoglikemik oral. Soetomo Surabaya. Sayangnya hingga saat ini, studi-studi yang meneliti mengenai efek obat antiretroviral terhadap peningkatan risiko penyakit kardiovaskuler masih melaporkan hasil yang saling berlawanan.

Panduan Pola Makan untuk Penderita HIV/ AIDS

Infeksi-infeksi tersebut dapat meningkatkan atau mengubah pola penggunaan energi yang efektif pada orang sehat menjadi abnormal. Monitor BB, intake dan ouput 3.

Seperti pengobatan diabetes mellitus pada umumnya, terapi non-medikamentosa seperti diet, olah raga, dan menurunkan berat badan sangat dianjurkan. Ulserasi di mukosa mulut akibat virus atau idiopatik juga sering terjadi sehingga menyebabkan nyeri sewaktu makan. Beberapa peneliti telah melaporkan adanya gangguan absorbsi karbohidrat, protein, dan lemak pada odha, namun beratnya malabsorbsi diet pasien hiv ppt tidak berhubungan dengan derajat malnutrisi.

Karbohidrat Karbohidrat merupakan sumber energi utama bagi tubuh. Namun, seperti mata uang, pengobatan juga selalu mempunyai dua sisi.

Cuci tangan sebelum meberikan tindakan. Beberapa suplemen vitamin atau mineral dalam dosis tinggi dapat membahayakan kesehatan Anda. Umumnya mereka masih mengutamakan konsumsi karbohidrat yang memang lebih cepat menimbulkan rasa kenyang dan kenyamanan sesaat. Cara ini, meski mungkin sedikit merepotkan, juga mestinya bisa diterapkan di rumah sakit.

Nutrisi yang baik diperlukan untuk menjaga sistem imun odha tetap kuat. Selain membantu pemulihan sel-sel kekebalan tubuh dan mendukung ketahanan tubuh dalam menghadapi pengobatan, makan juga memiliki efek psikologis, yaitu odha akan merasa nyaman dan berpikiran positif.

Selain itu nutrisi yang baik juga dapat membantu proses tubuh dalam memetabolisir obat-obatan yang dikonsumsi odha. Jika sesekali ingin makan di luar, pilihlah makanan yang panas nasi goreng yang langsung dimasak begitu dipesan, bakso, soto, dan sebagainya serta hindari makanan pelengkap seperti aneka sambal atau acar.

Masalah-masalah dalam bidang gizi adalah mulai munculnya lipodistrofi pengumpulan lemak di tempat yang tidak wajarhiperlipidemia, resistensi insulin, serta obesitas. Vitamin A dan betakaroten, yang bisa Anda dapatkan dari sayuran dan buah berwarna hijau tua, kuning, orange, dan merah, serta dari hati, telur, dan susu Vitamin B, bisa diperoleh dari daging, ikan, ayam, kacang-kacangan, biji-bijian, alpukat, dan sayuran berwarna hijau Vitamin C, bisa Anda dapatkan dari jeruk, kiwi, jambu biji Vitamin E, bisa Anda peroleh dari sayuran berwarna hijau, kacang-kacangan, dan minyak nabati Zat besi, bisa Anda dapatkan dari sayuran berdaun hijau, daging merah, hati, ikan, telur, seafood, gandum Selenium, bisa didapatkan dari kacang-kacangan, biji-bijian, unggas ayam, bebekikan, telur, dan selai kacang Seng, bisa diperoleh dari daging, unggas, ikan, susu dan produk susu, serta kacang-kacangan Jika Anda sulit untuk mendapatkan semua jenis vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh Anda, dokter mungkin akan merekomendasikan Anda untuk mengonsumsi suplemen vitamin dan mineral untuk mencukupi kebutuhan nutrisi Anda.

Pemberian obat antiretroviral golongan penghambat protease dapat menyebabkan akumulasi lemak tubuh yang abnormal lipoatrofi dan lipodistrofiresistensi insulin perifer, serta kenaikan kolesterol, trigliserida, dan glukosa darah. Sayangnya, harga obat ini masih cukup mahal, yakni sekitar ribu hingga 1,2 juta rupiah.

Cara lain untuk menyiasati nafsu makan yang rendah atau mual adalah dengan menerapkan prinsip small-frequent feeding. Obat golongan penghambat protease juga dapat berinteraksi dengan obat antihiperlipidemik golongan statin.

Ya, air juga banyak dibutuhkan oleh tubuh Anda untuk membantu metabolisme nutrisi dari makanan yang masuk ke tubuh Anda. Kebutuhan kalori Anda per hari adalah sekitar. Peningkatan kebutuhan nutrisi dan laju katabolisme jaringan juga dialami oleh sebagian odha, sebagaimana telah dikatakan sebelumnya.

Atur pemberian antiinfeksi sesuai order Untuk pengobatan dini Mencegah pasien terpapar oleh kuman patogen yang diperoleh di rumah sakit. Rasional Resiko tinggi infeksi berhubungan dengan imunosupresi, malnutrisi dan pola hidup yang beresiko.

Karena odha seringkali mengalami defisiensi mikronutrien seperti vitamin B12, asam folat, tiamin, seng, selenium, kalsium, magnesium, serta vitamin yang larut dalam lemak, terutama vitamin A dan D, maka dapat diberikan suplemen untuk mengatasi kekurangan zat gizi yang terjadi.

Jika Anda mengalami diare atau muntahAnda butuh minum lebih banyak dari biasanya. Obat penghambat protease diduga dapat berinteraksi dengan beberapa protein sel yang terlibat pada metabolisme lipid karena adanya homologi asam amino parsial antara protein-protein tersebut dan HIV-1 protease.

Juga dapat terjadi malabsobsi vitamin yang larut dalam lemak, terutama vitamin A dan D. Faktor penyebab timbulnya kondisi gizi yang buruk pada odha adalah: Defisiensi Nutrisi Masalah nutrisi pada odha dapat disebabkan oleh beberapa mekanisme yang bekerja sendiri-sendiri atau saling mempengaruhi.Penatalaksanaan Diet.

Karena orang dengan HIV/AIDS sering mengalami masalah nutrisi, maka sebaiknya mereka tidak berpantang makanan apapun, kecuali memang sangat diperlukan. Bahkan untuk odha yang mengalami malnutrisi, apalagi wasting syndrome, diberikan diet tinggi kalori dan tinggi protein: susu, telur, daging, ikan, sangat dianjurkan.

Virus HIV dapat memperlemah sistem kekebalan tubuh sehingga penderita HIV/ AIDS membutuhkan banyak karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral untuk membantu melawan penyakit.

Selain itu, diet untuk penderita HIV/ AIDS juga ditujukan untuk membantu menyembuhkan gejala. Download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd.

Flag for inappropriate content. Diet Sehat; Anjuran Makanan ; Penyebab Penyakit hiv aids scribd asuhan keperawatan hiv aids pdf asuhan keperawatan hiv pada anak asuhan keperawatan hiv aids ppt asuhan keperawatan hiv pada ibu hamil asuhan keperawatan hiv aids pada ibu hamil asuhan keperawatan hiv aids pada anak asuhan keperawatan hiv pada orang dewasa asuhan keperawatan hiv aids pada anak pdf asuhan keperawatan hiv.

HIV/AIDS powerpoint 1. Josie Minor 2.

Tatalaksana Gizi Pasien HIV AIDS

HIV~ (Human Immunodeficiency Virus) The virus compromises the body’s ability to handle disease and causes AIDS. AIDS~ (Acquired Immune Deficiency Syndrome) It is related to HIV, but they are not one in the same.

· 30 बातें HIV अाैर Aids के बारे में ये जो पूरी दुनिया को जाननी चाहिये // Must know- AIDS/HIV - Duration: Author: Stay Healthy.

Diet pasien hiv ppt
Rated 4/5 based on 25 review