Hubungan berat tubuh dengan laju respirasi

Selama proses pematangan terjadi perubahan-perubahan seperti warna, tekstur, citarasa dan flavor, yang menunjukkan terjadinya perubahan komposisi. Laju metabolisme juga berkaitan erat dengan respirasi karena respirasi merupakan proses ekstraksi energi dari molekul makanan yang bergantung pada adanya oksigen.

Ujung halus trakhea terbagi menjadi trakheolus yang sangat halus. Fungsi lain dari respirasi adalah untuk menjaga keseimbangan pH dan keseimbangan elektrik dalam cairan tubuh. Hal ini sesuai dengan pernyataan yang diungkapkan oleh Wills et al.

Pertanyaan yang diharapkan dari siswa: Bagi seekor serangga kecil, proses difusi saja dapat membawa cukup O2 dari udara ke sistem trakea dan membuang cukup CO2 untuk mendukung sistem respirasi seluler.

Jurnal Fisiologi Hewan Sistem Respirasi Hewan Vertebrata dan Invertebrata

Percobaan pertama dilakukan pada suhu ruang, percobaan kedua pada suhu rendah tabung berisi hewan diletakkan kedalam gelas berisi es dan percobaan ketiga pada suhu tinggi tabung berisi hewan diletakkan kedalam gelas berisi air panas.

Untuk mengetahui pengertian system pernapasan 2. Selain terjadi perubahan warna juga terjadi perubahan aroma, dimana pada saat pematangan, zat aroma bersifat volatil mulai terbentuk. Akan tetapi, laju metabolisme biasanya cukup diekspresikan dalam bentuk laju konsumsi oksigen.

laporan respirasi serangga

Namun demikian respirasi pada hakikatnya adalah reaksi redoks, dimana substrat dioksidasi menjadi CO2 sedangkan O2 yang diserap sebagai oksidator mengalami reduksi menjadi H2O.

Hasil akhirnya adalah alkohol, karbon dioksida dan energi. Pada menit kelima cairan eosin bergerak menuju skala 0,57ml sehingga kebutuhan oksigen pada menit kelima adalah 0,11ml. Sistem trakea merupakan alat untuk mengambil oksigen dari luar, mendistribusikannya ke seluruh tubuh dan mengeluarkan karbon dioksida.

Fase inspirasi memerlukan waktu seperempat detik, spirakel pada bagian dada terbuka, udara masuk. Perangkat percobaan diletakkan pada posisi yang ideal dan dibiarkan selama 5 menit serta dihitung perubahan skala eosin didalam pipa respirometer.

Batang tenggorokan pada orang dewasa memiliki panjang sekitar 10 cm. Pengukuran laju respirasi dapat menggunakan alat respirometer.

Di dalam sel-sel tersebut gas oksigen menuju mitokondria untuk melakukan respirasi seluler. Pada serangga, cara respirasi utamanya adalah melalui difusi gas-gas dari udara secara langsung melewati membran menuju sel-sel.

Kuosien respirasi Jika karbohidrat misalnya sukrosa fruktan atau pati merupakan substrat rspirasi dan jika mereka secara sempurna dioksidasi maka volume O2 yg diambil persis berimbang dengan CO2 yang dilepas.

Adapun tujuan dari praktikum kali ini adalah untuk memahami metode pengukuran laju respirasi hewan melalui penghitungan konsumsi oksigen dan melihat perbedaan laju respirasi pada berbagai spesies hewan dan hubungannya dengan perbedaan temperatur lingkungan.

Gas O2 yang sampai pada sel akan menggunakan untuk membuat energi ATP yang dinamakan respirasi sel. Alat dan Bahan Adapun alat yang digunakan pada praktikum laju respirasi yaitu respirometer, timbangan, beaker glass, tabung sampel, termometer, jarum suntik dan pemanas air. Fungsi eosin dalam percobaan adalah sebagai indikator oksigen yang dihirup oleh organisme percobaan pada respirometer.

Hal ini disebabkan oleh penurunan regenerasi sel. Laju metabolisme adalah jumlah total energi yang diproduksi dan dipakai oleh tubuh per satuan waktu Seeley, Bagaimanakah cara mengukur volume oksigen yang dihirup jangkrik?

Penggunaan masing-masing cara didasarkan pada jenis hewan yang akan diukur laju konsumsi oksigennya. NaOH digunakan pada percobaan ini untuk mengikat karbon dioksida, sehingga dapat membuat larutan eosin tersebut bergerak mendekati organisme.

Pada percobaan kedua terhadap jangkrik II dengan memiliki berat 4,7 gram pada menit pertama setelah pemberian eosin pada ujung respirometer menunjukkan skala 0,08ml sehingga kebutuhan oksigen pada menit pertama adalah 0,08ml. Sebaliknya, jika otot perut belalang berkontraksi maka trakea kembali pada volume semula.

Seputar Dunia Pendidikan

Oksigen dan karbondioksida dipertukarkan melalui permukaan membran yang halus. Sistem tertutup pula terdapat pada serangga dimana spirakel menjadi non-fungsional. Respirasi adalah suatu proses pengambilan O2 untuk memecah senyawa-senyawa organik menjadi CO2, H2O dan energi.

Pleura dalam langsung menyelimuti paru-paru, sedangkan pleura luar bersebelahan dengan tulang rusuk. Pada umumnya senyawa volatil pada pisang lebih aromatis.

Walaupun berada dalam satu komoditi, terdapat perbedaan nilai laju respirasi yang terjadi pada dua sampel pisang tersebut, hal ini diakibatkan oleh faktor-faktor yang mempengaruhi respirasi yaitu faktor internal yang mencakup tahap perkembangan komoditas, komposisi kimia, tipe komoditas dan genotip, dan jenis bahan serta faktor eksternal yang meliputi keadaan penanganan pasca panen.

Sistem respirasi terbuka banyak digunakan oleh serangga-serangga darat dan beberapa jenis serangga air, sedang sistem tertutup digunakan oleh serangga air, yang tidak menggunakan spirakulum, antara lain untuk mencegah supaya jangan terjadi evapotranspirasi.

Pada menit kelima cairan eosin bergerak menuju skala 0,27ml sehingga kebutuhan oksigen pada menit kelima adalah 0,07ml. Serangga air juga ada yang memanfaatkan insang trakheal tracheal gill. Dengan menurunkan konsentrasi O2 atau meningkatkan konsentrasi CO2, maka laju respirasi dapat diperlambat sehingga umur simpan dapat diperpanjang.

Sebagian besar senyawa volatil yang terbentuk adalah etilen. Respirasi Menurut definisi yang dikemukakan oleh weier et al respirasi adalah oksidasi kimia yang terkontrol dan terkatalisasi oleh enzim yang terdapat dalam protoplasma kemudian memecahkan kerbohidrat dan lemak serta membebaskan energi untuk digunakan oleh organisme.Berat Tubuh; Hubungan antara berat dengan penggunaan oksigen berbanding terbalik.

Karena setiap makhluk hidup membutuhkan O2 (Oksigen) dalam jumlah yang besar. Melebihi dari Berat tubuh.

Contoh Laporan Praktikum Respirasi

Pada hasil di atas jelas sekali bahwa ukuran tubuh mempegaruhi laju pernapasan, semakin kecil ukuran dan berat tubuh maka semakin cepat vsfmorocco.com: Moch Siswan Afandi.

10/2/ · Oksigen yamg diperoleh dari proses bernapas digunakan dalam proses respirasi, sedangkan karbon dioksida yang dihasilkan ari proses respirasi dikeluarkan melalui proses bernapas.

Respirasi berkaitan erat dengan laju metabolisme karena laju metabolisme merupakan jumlah total energi yang diproduksi dan dipakai oleh tubuh per satuan waktu.

5/4/ · Respirasi dapat terjadi dengan adanya oksigen (respirasi aerobik) atau dengan tidak adanya oksigen (respirasi anaerobik, sering disebut fermentasi). Laju respirasi yang dihasilkan merupakan petunjuk yang baik dari aktifitas metabolis pada jaringan dan berguna sebagai pedoman yang baik untuk penyimpanan hidup hasil panen.

Respirasi Pada Hewan (Serangga) dan Tumbuhan (Bunga)

5. Berat Tubuh Hubungan antara berat dengan penggunaan oksigen berbanding terbalik. Karena setiap makhluk hidup membutuhkan O 2 (Oksigen) dalam jumlah yang besar. Melebihi dari Berat tubuh. Pada hasil di atas jelas sekali bahwa ukuran tubuh mempegaruhi laju pernapasan, semakin kecil ukuran dan berat tubuh maka semakin cepat pernapasannya.

Respirasi adalah suatu proses pengambilan O 2 untuk memecah senyawa-senyawa organik menjadi CO 2, H 2 O dan energi. Namun demikian respirasi pada hakikatnya adalah reaksi redoks, dimana substrat dioksidasi menjadi CO 2 sedangkan O 2 yang diserap sebagai. Hubungan antara tinggi badan, Berat badan dan luas permukaan tubuh disusun dalam tabel yang dikenal dengan charta permukaan tubuh Dubois (Dubois body suface chart).

Dalam tubuh, tingkat laju kehilanagn panas tubuh seimbang dengan jumlah panas yang diproduksi dalam rangka mempertahankan temperatur tubuh normal.

Hubungan berat tubuh dengan laju respirasi
Rated 0/5 based on 15 review