Pembentukan bilirubin

Bilirubin terkonjugasi bereaksi cepat dengan asam sulfanilat yang terdiazotasi membentuk azobilirubin. Dengan bantuan flora usus bilirubin selanjutnya dirubah menjadi urobilinogen.

Bilirubin ini akan diikat nonkovalen dan diangkut oleh albumin ke hepar. Apoprotein dari hemoglobin dihidrolisis menjadi komponen asam-asam aminonya. Ambilan bilirubin 4.

Kemudian bilirubin, ditransfer melalui sel membran yang berkatan dengan ligandin, mungkin juga dengan protein ikatan sitotoksik lainnya. Sedangkan satu molekul bilirubin yang tak terkonjugasi akan kembali ke retikulum endoplasmik untuk rekonjugasi berikutnya. Metabolisme bilirubin meliputi pembentukan bilirubin, transportasi bilirubin, asupan bilirubin, konjugasi bilirubin, dan ekskresi bilirubin.

Sebagian besar urobilinogen berada pada feces akan dioksidasi oleh bakteri usus membentuk sterkobilin yang berwarna kuning kecoklatan.

Bilirubun bebas segera bergabung sangat kuat dengan pembentukan bilirubin plasma dan ditranspor dalam kombinasi ini melalui darah dan cairan interstisial. Di hati, bilirubin I indirek yang terikat pada albumin diambil pada permukaan sinusoid hepatosit oleh suatu protein pembawa yaitu ligandin.

Pembentukan bilirubin yang terjadi di sistem retikuloendotelial, selanjutnya dilepaskan ke sirkulasi yang akan berikatan dengan albumin.

Enzym ALA sintase merupakan enzym pengendali kecepatan reaksi. Beberapa urobilinogen diabsorbsi oleh mukosa usus kembali kedalam darah. Dalam bentuk ini billirubin dikeluarkan melalui proses transfor aktif ke dalam kanalikuli empedu kemudian masuk ke usus sekali berada di dalam usus kira-kira setengah dari billirubin terkonjugasi diubah oleh kerja bakteri menjadi urobilinogen yang mudah larut.

Warna feces yang berubah menjaadi lebih gelap ketika dibiarkan udara disebabkan oksidasi urobilinogen yang tersisa menjadi urobilin. Warna feces yang berubah menjaadi lebih gelap ketika dibiarkan udara disebabkan oksidasi urobilinogen yang tersisa menjadi urobilin.

Sekresi Bilirubin Sekresi bilirubin diglukuronida ke dalam empedu melalui transportasi aktif. Singkatnya,bila sel darah merah sudah habis masa hidupnya rata-rata hari dan menjadi terlalu rapuh untuk bertahan dalam sirkulasi,membran selnya pecah dan hemoglobin yang lepas difagositosis oleh jaringan makrofag disebut juga sistem retikuloendotelial di seluruh tubuh.

Heme yang mungkin bekerja melalui molekul aporepresor menghambat sintesis AmLev sintase, dalam hal ini kemungkinan terjadi feed back negative. Heme banyak dikenal dalam perannya sebagai komponen Hemoglobinnamun heme juga merupakan komponen dari sejumlah hemoprotein lainnya.

Hemoglobin pertama kali dipecah menjadi globin dan heme,dan cincin heme dibuka untuk memberikan besi bebas yang ditranspor ke dalam darah oleh transferin,dan rantai lurus dari empat intipirol yaitu substrat yang nantinya akan dibentuk menjadi pigmen empedu pigmen pertama yang dibentuk adalah biliverdin,tetapi pigmen ini cepat direduksi menajadi billirubin bebas,yang secara bertahap dilepaskan dari makrofag kedalam plasma.

Pembentukan Bilirubin

Peningkatan kadar bilirubin direk atau bilirubin terkonjugasi dapat disebabkan oleh gangguan ekskresi bilirubin intrahepatik antara lain Sindroma Dubin Johson dan Rotor, Recurrent benign intrahepatic cholestasis, Nekrosis hepatoseluler, Obstruksi saluran empedu.

Reaksi ini dikatalisis oleh enzim uroporfirinogen dekarboksilase. Biosintesis heme dimulai di mitokondria melalui reaksi kondensasi antara suksinil-KoA yang berasal dari siklus asam sitrat dan asam amino glisin. Dalam setiap 1 gr hemoglobin yang lisis akan membentuk 35 mg bilirubin.

Porfiria hepatik 3. Porfirin dan derivat-derivatnya mempunyai spektrum absorbsi yang khas pada daerah yang dapat dilihat dan pada daerah ultraviolet. Jaga Berat Badanmu! Titik isoelektriknya berkisar pada pHsehingga pada pH trersebut porfirin mudah diendapkan dalam larutan air.

Sebagian besar urobilinogen dirubah oleh flora normal colon menjadi urobilin atau sterkobilin yang berwarna kuning dan diekskresikan melalui feces.pembentukan karakter merupakan pembentukan sifat anak-anak saat dini.

orang tua mempunyai peran yang penting dalam pembentukan karakter anak karena anak-anak memiliki keinginan yang luas. mekanisme pembentukan bilirubin 1. PATOGENESIS JAUNDICE 2.

Pengertian Metabolisme Bilirubin Beserta Jenis dan Proses yang Terjadi

Mekanisme Pembentukan Bilirubin SISTEM RETIKULOENDOTELIAL SEL SUMBER HB: Penghancuran/pemecahan sel darah merah - Proses eritropoesis tidak efektif - Protein Heme (mis: Sitokrom P) Hemoglobin Heme heme oxygenase Biliverdin HEPAR Berikatan dgn protein.

O Scribd é o maior site social de leitura e publicação do mundo. Bilirubin yang sudah terkonjugasi akan disekresi kedalam empedu melalui mekanisme pangangkutan yang aktif dan mungkin bertindak sebagai rate limiting enzyme metabolisme bilirubin.

Sekeresi bilirubin juga dapat diinduksi dengan obat-obatan yang dapat menginduksi konjugasi bilirubin. Sistem konjugasi dan sekresi bilirubin berlaku sebagai unit fungsional yang terkoordinasi. Bilirubin tak terkonjugasi (hematobilirubin) merupakan bilirubin bebas yang terikat albumin, bilirubin yang sukar larut dalam air sehingga untuk memudahkan bereaksi dalam pemeriksaan harus lebih dulu dicampur dengan alkohol, kafein atau pelarut lain sebelum dapat bereaksi, karena itu.

bilirubin tak terkonjugasi yang berlebih Secara klinis akan tampak pada neonatus bila kadar bilirubin mg/dL. 16 Kadar bilirubin neonatus akan menurun setelah hari kelahiran.

Pembentukan bilirubin
Rated 4/5 based on 84 review