Pengetahuan terhadap kepatuhan diet hemodialisa

Nurchayati, S. The nurses in the hemodialysis unit were expected to provide continuous education on nutrition and to provide a comprehensible diet pocket book. Family nursing: Notoatmodjo, S.

HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN KELUARGA TENTANG HEMODIALISA

Konseling gizi dan pengaruhnya terhadap asupan zat gizi dan tekanan darah pada pasien hipertensi rawat jalan di Rumah Sakit Umum Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara.

Hasil penelitian menunjukkan responden dengan pendidikan tinggi Niven, N. Pada penderita yang mempunyai pengetahuan yang lebih baik memungkinkan pasien itu dapat mengontrol dirinya dalam mengatasi masalah yang dihadapi, pengetahuan terhadap kepatuhan diet hemodialisa rasa percaya diri yang tinggi, berpengalaman dan menpunyai perkiraan yang tepat bagaimana mengatasi kejadian serta mudah mengerti tentang apa yang dianjurkan oleh petugas kesehatan, akan dapat mengurangi kecemasan sehingga dapat membantu individu tersebut dalam mengambil keputusan.

Journal of Nursing Scholarship, Rumusan Masalah Berdasarkan latar belakang diatas, maka penulis membuat rumusan masalah sebagai berikut: Komunikasi yang baik oleh petugas kesehatan dalam memberikan pendidikan kesehatan haruslah dipahami oleh pasien yang menjalani terapi hemodialisa, sehingga dapat meningkatkan pengetahuan pasien tentang diet yang dianjurkan Smeltzer, Secara umum hipotesis dirumuskan untuk keperluan pengujian.

Saran Bagi perkembangan pelayanan kesehatan khususnya perawat untuk dapat dijadikan pengetahuan untuk memberikan pendidikan kesehatan bagi keluarga pasien GGK yang menjalani hemodialisa tentang cara mengatasi kecemasan keluarga selama pasien menjalani hemodialisa, dan bagi pihak RS agar dapat memberikan pelatihan kepada perawat tentang hemodialisa serta dapat memberikan pelayanan kesehatan, menghadapi pasien dengan rasa sayang dan ramah tamah sehingga pasien merasa nyaman setiap hemodialisis, memperhatikan keadaan pasien baik secara fisik maupun psikis dan mampu mengurangi kecemasan yang mereka hadapi selama pasien menjalani hemodialisa.

Jurnal Ilmiah Kesehatan MH Thamrin

Hal ini sesuai dengan teori Green bahwa sikap merupakan faktor predisposisi untuk terjadinya perilaku kesehatan. Menurut peneliti hal ini disebabkan karena masih banyaknya faktor lain yang mendukung untuk tercapainya status kesehatan yang optimal klien.

Data Primer Data primer yaitu data yang diperoleh langsung melalui observasi dan wawancara dengan responden dengan menggunakan kuesioner. Edisi 2. Buku Pedoman Terapi Diet dan Nutrisi. Nutritional Status in Dialysis Patients: Kariadi Semarang.

HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN KELUARGA TENTANG HEMODIALISA

Nephrology Nursing Journal, 36, Meliono, I. Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kepatuhan asupan cairan pada pasien gagal ginjal kronik dengan hemodialisis di RSUD Prof.

HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN, SIKAP DAN DUKUNGAN KELUARGA

Sunita Almatsier ed. Margono Soekarjo Purwokerto. Patuh, jika pasien melaksanakan hemodialisa sesuai dengan jadwal 2. Keluarga dan teman dapat membantu mengurangi tingkat kecemasan yang disebabkan oleh penyakit yang dideritanya, dapat mengurangi godaan dari ketidaktaatan dan dapat menjadi kelompok pendukung dari ketidakpatuhan Niven, Responden dengan interaksi tinggi dengan tenaga kesehatan yang patuh dengan dietnya Keluarga dapat membantu menghilangkan godaan pada ketidakpatuhan dan keluarga seringkali dapat menjadi kelompok pendukung untuk mencapai kepatuhan.

Diharapkan dengan adanya motivasi membuat keadaan dalam diri individu muncul, terarah, dan mempertahankan perilaku pembatasan asupan diet. Logika, filsafat ilmu dan pancasila. Bila gejala diketahui sedini mungkin, penderita bisa mendapat bantuan untuk mengubah atau menyesuaikan gaya hidup.

Freidman ,M. Niven menyatakan bahwa dukungan keluarga merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi ketidakpatuhan. Universitas Indonesia. Nephrology Dialysis Transplantation Vol.

Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan teknik aksidental.gambaran tingkat pengetahuan pasien gagal ginjal kronik terhadap kepatuhan menjalani hemodialisa di rumah sakit mh thamrin tahun Ginjal berfungsi untuk mengatur keseimbangan air dalam tubuh, mengatur konsentrasi garam dalam darah dan keseimbangan asam-basa darah, serta ekskresi bahan buangan dan kelebihan vsfmorocco.com: Nurma Dewi.

Rifkauli.(). Hubungan kepatuhan diet terhadap status gizi pasien hemodialisa di RSUD Raden Mattaher Jambi. Simmons, L. ().

Jurnal Ilmiah Kesehatan MH Thamrin

Dorthea Orem’s Self Care Theory as Related to Nursing Practice in Haemodyalisis. Nephrology Journal vsfmorocco.com No. 4. Situmorang Eva Yanti. (). Gambaran Pola Makan Pasien Gagal Ginjal Kronis yang Menjalani Hemodialisa Rawat Jalan di RSUD DR.

Pirngadi Author: Yusnaini Siagian. KELUARGA TERHADAP KEPATUHAN DIET PASIEN GAGAL GINJAL. KRONIK YANG MENJALANI HEMODIALISA. Desitasari. 1., Gamya Tri Utami. 2., Misrawati.

3. Program Studi Ilmu Keperawatan. Universi. HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN. Download ABSTRAK. Pendahuluan Kepatuhan diet dalam menjalankan hemodialisis pada pasien ginjal kronik. Rifkauli.().

Hubungan kepatuhan diet terhadap status gizi pasien hemodialisa di RSUD Raden Mattaher Jambi. Simmons, L. (). Dorthea Orem’s Self Care Theory as Related to Nursing Practice in Haemodyalisis.

Nephrology Journal vsfmorocco.com No.

FAKTOR KEPATUHAN DIET PASIEN GAGAL GINJAL KRONIK YANG MENJALANI HEMODIALISA Bertalina 1

4. Situmorang Eva Yanti. (). Gambaran Pola Makan Pasien Gagal Ginjal Kronis yang Menjalani Hemodialisa Rawat Jalan di RSUD DR. Pirngadi Author: Yusnaini Siagian. kronik terhadap kepatuhan menjalankan hemodialisa. Penelitian ini dilaksanakan di Rumah Sakit MH Thamrin bulan Penelitian ini dilaksanakan di Rumah Sakit MH Thamrin bulan November-Desember Author: Nurma Dewi.

B. Analisa Bivariat Tabel 6 Hubungan pengetahuan terhadap tingkat kepatuhan diet pasien gagal ginjal kronik Pengetahuan Kepatuhan diet Patuh Sedang Tinggi Jumlah n 7 20 27 % 19,4 55,6 75,0 Tidak patuh n % 6 16,7 3 8,3 9 25,0 Total N 13 23 36 % 36,1 63,9 p value 0, Tabel 6 diatas dapat diketahui bahwa hubungan antara pengetahuan dengan kepatuhan diet pasien gagal ginjal kronik .

Pengetahuan terhadap kepatuhan diet hemodialisa
Rated 3/5 based on 19 review