Perawatan bayi baru lahir dengan berat badan rendah

Paru-paru yang belum matang dengan peningkatan kerja bernafas dan kebutuhan kalori yang meningkat. Sindrom aspirasi mekonium 2. Pengamatan Lebih Lanjut Bila bayi berat lahir rendah dapat mengatasi problematik yang dideritanya perlu diamati selanjutnya oleh karena kemungkinan bayi ini akan mengalami gangguan pendengaran, penglihatan, kognitif, fungsi motor susunan saraf pusat dan penyakit penyakit seperti Hidrosefalus, Cerebral palsy dan sebagainya.

Bidan dan perawat adalah bagian dari pemberi pelayanan yang ikut berperan penting dalam memberikan perawatan pada bayi dengan berat lahir rendah BBLR. Rambut lanugo tidak terlihat, rambut kepala biasanya telah sempurna Kuku agak panjang dan lemas Genetalia: Kondisi bayi dengan berat lahir rendah lemah, dan mudah kedinginan karena lapisan lemak di bawah kulitnya sangat tipis.

Pengaruh umur kehamilan terhadap risiko kejadian BBLR Untuk mengetahui umur kehamilan dengan mengetahui hari pertama haid terakhir HPHTsedangkan secara klinik umur kehamilan dapat diketahui dengan mengukur berat lahir, panjang badan, lingkaran kepala.

Sumber Kusmiati, Y.

Diabetes Militus merupakan suatu kelompok penyakit metabolik dengan karakteristik hiperglikemia meningkatnya kadar gula darah yang terjadi karna kelainan sekresi insulin, kerja insulin atau keduanya. Perawatan bayi prematur bisa anda lakukan guna membantu bayi anda tumbuh dan berkembang dengan sehat.

Bayi dirawat dalam keadaan telanjang, hal ini memungkinkan pernafasan yang adekuat, bayi dapat bergerak tanpa dibatasi pakaian, observasi terhadap pernafasan lebih mudah. Fasilitas kesehatan Pemeriksaan kehamilan bertujuan untuk mengenal dan mengidentifikasi masalah yang timbul selama kehamilan, sehingga kesehatan selama ibu hamil dapat terpelihara dan yang terpenting ibu dan bayi dalam kandungan akan baik dan sehat sampai saat persalinan.

Berat badan kurang dari 2. Sedangkan pada bayi berat lahir rendah yang sakit cara untuk mencegah kehilangan panas yaitu bayi harus segera dikeringkan, untuk menstransportasi bayi digunakan transport inkubator yang sudah hangat, tindakan terhadap bayi dilakukan dibawah radiant warmer, dan suhu lingkungan netral dipertahankan.

Perawatan Bayi Prematur Baru Lahir

Depkes RI, Setelah minggu ke mulai terdapat perbedaan antara pertumbuhan janin laki-laki dan perempuan. Persiapan memberikan ASI dilakukan bersamaan dengan kehamilan. Biasanya bayi prematur membutuhkan nutrisi yang lebih dibandingkan dengan bayi normal lainnya agar ia bisa tetap sehat dan tumbuh normal.

Anda dapat melakukan berbagai upaya pencegahan seperti misalkan, menjaga kebersihan bayi, kebersihan perlengkapan bayi dan kebersihan lingkungan rumah. Sindrom ini mencakup kelahiran prematur, retardasi pertumbuhan janin, cacat lahir dan retardasi mental.

BERAT BAYI LAHIR RENDAH (BBLR)

Pengaruh penyakit yang diderita ibu terhadap kejadian BBLR Beberapa jenis penyakit baik secara langsung maupun tidak langsung dapat mempengaruhi sirkulasi darah janin. Malnutrisi pada awal kehamilan mengakibatkan terbentuknya organ-organ yang lebih kecil dengan ukuran sel normal dan jumlah sel yang kurang secara permanen, sedangkan malnutrisi pada kehamilan lanjut mengakibatkan terbentuk organ yang lebih kecil dengan jumlah sel yang cukup dan ukuran sel yang lebih kecil, sehingga dapat menimbulkan cacat bawaan.

Berat Badan Lahir Bayi Rendah

Pendidikan dan Perilaku Kesehatan, Jakarta: Pemijatan bayi. Bayi dikatakan memiliki berat lahir sangat rendah apabila ia terlahir dengan berat 1,5 kg, serta memiliki berat lahir rendah ekstrem apabila berat lahirya di bawah 1 kg.

Cara Merawat Bayi Dengan Berat Lahir Rendah (BBLR)

ยท Bayi berat lahir rendah (BBLR)/ Low birthweight infant adalah bayi dengan berat badan lahir sampai kurang dari gram. Bayi berat lahir sangat rendah (BBLSR)/ Very low birthweight infant adalah bayi dengan berat badan lahir gram. BAB I PENDAHULUAN LATAR BELAKANG Bayi lahir dengan berat lahir rendah (BBLR) merupakan masalah kesehatan yang sering dialami pada sebahagian masyarakat yang ditandai dengan berat lahir kurang dari gram.

Berat badan lahir rendah (BBLR) adalah bayi baru lahir dengan berat badan pada saat kelahiran kurang dari gr atau lebih rendah (WHO, ).

Bayi dengan berat badan lahir rendah (BBLR) adalah bayi yang lahir dengan berat kurang dari gram tanpa memandang masa gestasi, berat lahir adalah berat bayi yang ditimbang dalam 1 jam setelah lahir.

Beberapa pengertian tentang bayi baru lahir rendah (BBLR), menurut pantiawati (, h.1) mengatakan BBLR adalah bayi dengan berat badan lahir kurang dari gram. Bayi dikatakan lahir dengan berat badan rendah apabila saat dilahirkan memiliki berat badan kurang dari gram atau 2,5 kg.

Bayi dikatakan memiliki berat lahir sangat rendah apabila ia terlahir dengan berat 1,5 kg, serta memiliki berat lahir rendah ekstrem apabila berat lahirya di bawah 1 kg.

Berat lahir bayi itu sendiri mencerminkan kecukupan nutrisi dan perkembangan ketika dalam kandungan.

Perawatan bayi baru lahir dengan berat badan rendah
Rated 4/5 based on 34 review